Otomotif

Tenaga Motor Ini Setara Fortuner, M3 dan M4 Resmi Masuk di Indonesia

Saat ini sudah banyak sekali inovasi yang dilakukan untuk mendorong dunia yang lebih baik, hal tersebut juga termasuk pada otomotif.

Kita sudah sering sekali melihat supercar listrik, hypercar listrik, off-roader listrik bahkan hingga truk listrik sudah ada di buat.

Seakan tidak mau ketinggalan, kendaraan roda dua juga mulai membuat inovasi mereka untuk bisa bersaing.

Masih ingatkah dengan motor-motor listrik bertenaga besar seperti Zero Motorcycles atau bahkan LiveWire besutan Harley-Davidson?

Triumph, pemain sepeda motor asal Inggris juga tak ingin ketinggalan kereta. Mereka ingin memperkenalkan sebuah motor listrik kencang bermodel naked.

Untuk memuluskan rencana mereka, Triumph bermitra dengan Williams Advanced Engineering. Nah, proyek ini dikenal dengan kode TE-1 dan tahap terkini, mereka berhasil membuat mesin listrik untuk motor yang tenaganya lebih besar daripada sebuah Toyota Fortuner.

Lebih tepatnya, mesin listrik rancangan Williams dan partner mereka, Integral Powertrain ini bertenaga 174 hp.

Bobot keseluruhan sistemnya pun tergolong ringan, yakni hanya 10 kg saja. Penemuan motor listrik ini berarti mereka sudah menyelesaikan dua tahap pengembangan, sementara total proyek TE-1 ini terdiri dari empat tahap.

Baterainya diklaim akan berkapasitas sekitar 15kWh dan ditempatkan di posisi yang biasanya jadi tangki bensin motor.

Baterai ini juga diklaim sanggup dipakai ngebut di sirkuit tanpa masalah overheating, namun tenaga yang tersalurkan secara kontinyu akan dikurangi jadi 121 hp untuk menjaga usia pakai baterai.

Tentunya kalian bisa bermain mengelilingi kota menggunakan kendaraan satu ini. Jika lelah, kalian bisa istirahat sejenak di hamparan taman sambil bermain slot online uang asli.

Sketsa yang disebarluaskan menunjukkan sosok naked bike dengan desain khas Triumph, bisa dilihat dari lampu depannya.

Motor gede ini juga memakai mono swing arm supaya tampilannya lebih gahar. Lubang charger motor ini tersimpan rapi di balik kondom tangkinya.

Sama dengan kendaraan listrik lainnya, pengisian daya motor listrik juga jadi isu penting. Williams Advanced Engineering mengklaim bahwa baterai Triumph TE-1 bisa diisi dari 0 ke 80 persen hanya dalam waktu 20 menit jika menggunakan charger 360V.

Jarak tempuh saat baterai penuh belum diketahui, sebab Williams hanya bilang “terdepan di pasaran”. Bobot pun belum diketahui, tapi kami harap motor ini bobotnya tidak sampai 200 kg.

Proyek motor listrik Triumph TE-1 ini merupakan proyek dengan dana gabungan. Sebagian dana dari pemerintah Inggris, sebagian oleh pihak swasta dan beberapa perguruan tinggi seperti The University of Warwick.

Sisa tahap yang belum dijalani termasuk pengujian unit tes motor listrik tersebut di dunia nyata, khususnya saat digeber di sirkuit.

Beralih ke roda empat, BMW Group Indonesia akhirnya resmi mendatangkan BMW M3 dan BMW M4.

Seperti generasi sebelumnya, BMW M3 hadir dalam versi sedan 4 pintu sementara BMW M4 hanya ada dalam bentuk coupe.

Kedua model ini akan ditemani oleh BMW M3 Touring berbentuk estate atau station wagon, pertama kalinya untuk sebuah BMW M3.

BMW M3 dan M4 tersedia dalam varian standar dan Competition, namun hanya varian Competition yang dijual resmi oleh BMW Indonesia. Artinya, kita dapat 2 mobil dengan mesin 3.000 cc 6 silinder segaris berkode S58 yang diperkuat oleh 2 buah turbo.

Tenaga maksimalnya mencapai 510 hp dan torsi maksimalnya ada di angka 650 Nm. Dikawinkan dengan penggerak roda belakang, kedua mobil ini memakai transmisi otomatis torque converter 8 percepatan.

transmisi torque converter 8 percepatan, bukan transmisi kopling ganda M DCT seperti yang lama. Meski transmisinya berubah, performanya tetap jempolan.

Akselerasi 0-100 bisa tuntas dalam 3,9 detik dan kecepatan maksimalnya dibatasi di 250 km/jam. Sistem M Adaptive Suspension, lengan suspensi baru dan jarak pijak roda depan yang lebih lebar 38 mm untuk memastikan keseimbangan antara traksi dan tenaga, membuatnya stabil di tikungan.

Untuk harga, BMW M3 Competition Indonesia dijual seharga 2,059 M Rupiah, sementara BMW M4 di angka 2,119 M Rupiah.

Untuk layanan BMW Individual bagi 2 mobil kencang ini, BMW M3 Competition Individual harganya melambung jadi 2,599 M Rupiah sementara BMW M4 Competition Individual jadi 2,659 M Rupiah, semuanya sebelum pajak.

Anda mungkin juga suka...